HASIL SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT

Hasil survei kepuasan masyarakat (SKM) terbaru menunjukkan bahwa layanan publik KPU Kabupaten Tasikmalaya berhasil meraih nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebesar 86,52 %. Angka ini menempatkan kualitas pelayanan dalam kategori " Baik", sebuah peningkatan signifikan dari tahun sebelumnya. Survei ini dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Tasikmalaya  pada rentang waktu Semester 1 Tahun 2025.

Survei ini melibatkan 155 responden yang merupakan pengguna layanan, termasuk pelajar, pekerja swasta, wiraswasta, PNS, buruh, Mahasiswa dan  ibu rumah tangga. Data responden tertinggi dari latar Pendidikan dengan Pendidikan Strata 1 (S1). Metodologi yang digunakan dengan cara pengumpulan data yang dilakukan melalui kuesioner dengan indikator yang meliputi: penanganan pengaduan. Sarana dan Prasarana, Prilaku, Produk, Tarif/Biaya, Waktu, Persyaratan dan Prosedur.

Aspek dengan nilai tertinggi adalah penanganan pengaduan (95,16) dan Aspek dengan nilai terendah adalah sarana dan prasarana (80,65). Secara umum masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Namun, hasil survei menunjukkan adanya kebutuhan peningkatan terutama pada aspek sarana prasarana yang masih dianggap belum maksimal.

Dengan nilai SKM yang berada pada kategori " Baik" dapat disimpulkan bahwa pelayanan publik telah berjalan sesuai standar. Meski demikian, akan dilakukan perbaikan sarana prasarana dengan menata ulang ruang  tunggu dan konsultasi agar lebih representatif, percepatan waktu layanan dengan mengevaluasi dan menyusun standar pelayanan, serta memastikan produk layanan sudah sesuai melalui evaluasi dan penyusunan standar pelayanan..

Penyelenggara pelayanan berkomitmen untuk terus melakukan evaluasi dan perbaikan, sehingga kepercayaan masyarakat dapat terus terjaga dan meningkat. Terima kasih atas penilaian yang diberikan , masukan anda sangat bermamfaat untuk kemajuan KPU Kabupaten Tasikmalaya agar terus memperbaiki dan meningkatkan pelayanan bagi masyarakat.


Bagikan:

facebook twitter whatapps

Dilihat 114 Kali.