PENDIDIKAN PEMILIH

Hari Selasa 25 Mei 2021, KPU Kabupaten Tasikmalaya melaksanakan Pendidikan Pemilih di Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya. Pendidikan Pemilih kali ini  merupakan salah satu kegiatan dalam Program ‚ÄúPendidikan Pemilih Pada Daerah Partisipasi Rendah, Potensi Pelanggaran Pemilu Tinggi, dan Rawan Konflik/Bencana Alam, yang rencananya akan dilaksanakan sebanyak 6 gelombang. Gelombang pertama di Kecamatan Ciawi ini sebagai bentuk Pendidikan pemilih pada daerah partisipasi rendah.  Kegiatan kali ini dihadiri oleh 50 peserta dari masyarakat pemilih di Kecamatan Ciawi dan sekitarnya. Hadir dalam kesempatan ini Ketua  Divisi Sosialisasi dan  Partisipasi masyarakat KPU Provinsi Jawa Barat, Dr. H. Idham Kholik, Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya dan Camat Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya.
Kegiatan yang bertempat di Aula Kecamatan Ciawi ini mulai pada pukul 09.00 WIB, dibuka oleh Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, Fahrudin, S.Ag. Ada dua narasumber yang menyampaikan pemaparan materi Pendidikan pemilih ini yaitu Dr. H. Idham Kholik dan Dr. Maulana Janah. Dalam pemaparannya Idham Holik mengatakan bahwa dalam rangka peningkatan pastisipasi masyarakat pemilih untuk pemilu atau pemilihan pada masa yang akan datang diperlukan penyadaran kepada msyarakat pemilih berupa : pertama terkait optimisme dalam pemilu/pemilihan. kedua, Demokrasi. Ketiga tentang nasionalisme. Beliau mengatakan bahwa nasionalisme adalah kekuatan untuk membangun bangsa.
Narasumber kedua Maulana Janah menyampaikan bahwa ada beberapa faktor yang menjadi kendala rendahnya tingkat partisipasi masyarakat   di antaranya : kualitas para calon yang akan dipilih, keberagaman pemilih baik dari sisi Pendidikan, ekonomi dan juga budaya.