KPU Jamin Pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara Sesuai Protokol Kesehatan

KPU Kabupaten Tasikmalaya melaksanakan Rapat Koordinasi Persiapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya Tahun 2020. Senin, (30/11/2020).

Rakor yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat ini dihadiri oleh Ketua dan Divisi Teknis Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se-Kabupaten Tasikmalaya.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Zamzam Zamaludin SP mengatakan, KPU Kabupaten Tasikmalaya menjamin pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS berjalan sesuai protokol kesehatan.

“Maka kami berikan pemahaman dan teknis lebih mendalam kepada para PPK untuk disampaikan ke PPS dan KPPS yang bertugas nanti di TPS. Sehingga pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara sesuai protokol kesehatan,” ujarnya.

Ketua Divisi Teknis KPU Kabupaten Tasikmalaya Jajang Jamaludin, S.Ag menambahkan, seluruh teknis pemungutan dan penghitungan suara dengan menggunakan protokol kesehatan sudah ditentukan mulai dari antisipasi kerumunan dengan menjadwalkan kedatangan pemilih hingga penyediaan masker dan alat tulis bagi pemilih yang lupa membawanya.  

 “Maka dari itu, baik teknis dan cara atau solusi ketika nanti pelaksanaan pemungutan terjadi kendala atau masalah, di sini dibahas bagaimana cara meminimalisirnya. Baik itu pemilih yang tidak membawa masker, kita berikan masker atau lupa bawa alat tulis kita sediakan alat tulis. Termasuk permasalahan lainnya kita bahas untuk penanganannya,” kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa, KPU telah menyiapkan perlengkapan alat pelindung diri (APD) dan perlengkapan protokol kesehatan di TPS nanti, mulai dari sarung tangan, alat pengukur suhu, bilik khusus untuk pemilih yang mempunyai suhu tubuh diatas 37,3 derajat celcius, disinfektan dan perlengkapan kesehatan lainnya.

“Kita jamin semua kebutuhan peralatan protokol kesehatan lengkap dan mudah-mudahan KPU bersama PPK, KPPS dan PPS bisa mencari solusi ketika terjadi permasalahan di lapangan. Tanpa menggangu jalannya tahapan pemungutan dan perhitungan suara,” pungkasnya.