KPU Kabupaten Tasikmalaya Dinilai Paling Siap Laksanakan Pilkada Pada 9 Desember Mendatang

KPU Kabupaten Tasikmalaya melaksanakan Rapat Koordinasi 15 Hari Menuju Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya Tahun 2020 di Gedung MUI Kabupaten Tasikmalaya. Selasa, (24/11/2020).

Selain dihadiri oleh Ketua PPK Se- Kabupaten Tasikmalaya, rakor ini juga dihadiri Ketua KPU Provinsi Jawa Barat Rifki Ali Mubarok S.Ag., M.Si, Perwakilan Polres Tasikmalaya, Polres Tasikmalaya Kota, Kejaksaan Negeri Tasikmalaya, Kodim 0612, Danlanud Wiriadinata, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Zamazam Zamaludin, SP mengetakan bahwa KPU Kabupaten Tasikmalaya sudah siap dalam melaksanakan Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Tasikmalaya Tahun 2020 pada 9 Desember mendatang.

“Kemarin kami telah melantik 3.740 Ketua KPPS se-Kabupaten Tasikmalaya, kemudian besok tanggal 24 November kita sudah mulai mendistribusikan logistic kebutuhan TPS (non-Surat Suara) sampai pada 4 Desember nanti, hal itu menunjukan bahwa kami sudah sangat siap menghadapi tanggal 9 Desember mendatang,” ujarnya.

Ketua KPU Provinsi Jawa Barat Rifki Ali Mubarok, S.Ag., M.Si yang hadir pada rakor tersebut menyebutkan bahwa KPU Kabupaten Tasikmalaya dinilai paling siap menghadapi Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 ini.

“Hal itu dilihat dari beberapa faktor, pertama simulasi pemungutan dan penghitungan suara di Kabupaten Tasikmalaya terbaik se-Jawa Barat, kedua tidak ada penyelenggara dari mulai KPU hingga PPS yang tersangkut pelanggaran kode etik, hal ini menunjukan kematangan penyelenggara dalam menjaga netralitas,” ujar Rifki.

Pihaknya juga ingin memastikan seluruh penyelenggara pemilihan dari mulai KPU hingga KPPS terbebas dari paparan covid-19.

“Maka kami meminta kepada pemerintah daerah untuk memfasilitasi penyelenggaraan rapid tes untuk seluruh penyelenggara pemilihan,” pungkasnya. (PMC KPU Kab.TSM)