Proses Sortir dan Lipat Surat Suara menggunakan Protikol Kesehatan Ketat

KPU Kabupaten Tasikmalaya melakukan Penyortiran Dan Pelipatan Surat Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya Tahun 2020 di Islamic Center Kabupaten Tasikmalaya 18-20 November 2020.

Proses sortir dan lipat surat suara yang melibatkan 780 orang ini tetap menggunakan protokol kesehatan dengan dibagi menjadi 2 shif sehinmgga tetap berjarak, para pelipat surat suara ini juga mencuci tangan sebelum memasuki lokasi dan menggunakan masker selama melakukan penyortiran dan pelipatan.  Para penyortir dan pelipat suara ini juga dilarang melakukan hal-hal yang bisa merusak surat suara seperti merokok serta makan dan minum selama melakukan pelipatan. Proses pelipatan surat suara ini juga diawasi oleh Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya dan pihak keamanan.

Kasubag Keuangan, Umum dan Logistic KPU Kabupaten Tasikmalaya Ricky Romanzah, ST mengatakan bahwa dari 1.360.966 surat suara yang disortir, yang berhasil dilipat dan dinyatakan surat suara baik sebanyak 1.348.109 lembar.

Ia juga mengatakan terdapat kerusakan surat suara sebanyak 12.857 lembar dan 7.190 lembar surat suara yang kurang dalam dus sehingga terjadi kekurangan surat suara sebanyak 20.047 lembar.

“Kerusakan surat suara berupa bercak tinta, kepudaran warna dan kesalahan potong,” terang Ricky.

Semua kekurangan akan secepatnya dikoordinasikan kepada pihak percetakan untuk segera dipenuhi.

“Mudah-mudahan tanggal 23 sudah bisa diterima,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa semua surat suara pengganti kekurangan akan langsung disortir dan dilipat di kantor KPU Kabupaten Tasikmalaya.