KPU KABUPATEN TASIKMALAYA ADAKAN KOORDINASI SISTEMATIK DAN ASISTENSI KEPADA TIM BAKAL CALON PERSEORANGAN

KPU Kabupaten Tasikmalaya menggelar Koordinasi Supervisi dan Asistensi kepada Tim Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati dari jalur perseorangan pada Senin (27/01/2020).

Ketua Divisi Program dan Data KPU Kabupaten Tasikmalaya Ai Rohmawati, S.Ag mengatakan bahwa kedatangan KPU yang didampingi Bawaslu dan Kepolisian kepada Tim Bakal Calon Perseorangan dalam rangka memastikan kesiapan Tim dalam pengumpulan data dukungan.

“Kita datang ke sana dalam rangka melakukan KSA artinya kita memastikan kesiapan mereka seperti apa, kemudian apakah mereka sudah melakukan pengumpulan data dukungan itu seperti yang kita harapkan dan sesuai dengan Perundang-undangan”ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa KPU juga memberikan arahan kepada Tim Bakal Calon Perseorangan terkait persiapan proses penyerahan dukungan yang akan dibuka dari 19 s/d 23 Februari 2020.

“Kita juga memberitahukan apa saja yang harus mereka bawa dan apa yang harus mereka lakukan ketika proses penyerahan dukungan” ujarnya menambahkan.

Staf Teknis Hukmas KPU Kabupaten Tasikmalaya Muhammad Putra Syah mengatakan bahwa Tim Cekas telah mengklaim data yang telah masuk di SILON Offline sebanyak 115.798 dukungan dengan sebaran 100% atau 39 kecamatan.

“Nah sedangkan untuk data yang telah dikirimkan ke KPU baru 3670 dukungan” ujarnya.

Menurutnya dari data tersebut masih terdapat data-data yang harus dibenahi karena masih terdapat data ganda potensial dan masih ada PNS yang memberikan dukungan.

“Kemarin ada beberapa kesalahan teknis terkait inputan, pertama masih ada ganda potensial yaitu masih sekitar 695, kemudian masih ada PNS yang memberikan dukungan, padahal dalam aturan PNS, Polri dan TNI itu tidak boleh memberikan dukungan, selain itu masih ada masyarakat yang tidak mencantumkan KTP atau suket malah memberikan KK, nah data-data tersebutlah yang masih harus dirapihkan kembali” terangnya.

Sementara itu Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga (Hubal) Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Ahmad Azis Firdaus mengatakan bahwa Bawaslu memastikan jika KSA yang dilaksanakan KPU ini telah sesui prosedur dan aturan. Bawaslu datang guna melihat dan memastikan progres dari calon perseorangan. Sehingga pihaknya bisa memetakan pengawasan, khususnya nanti dalam verifikasi faktual dilakukan sesuai ketentuan.

“Jadi melihat sejauh ini dan memastikan bersama KPU, melihat kesiapan Cekas. Sehingga kedepan bisa menjadi bahan data kami melakukan pengawasan verifikais faktual, jika bakal calon perseorang mendaftark ke KPU,” pungkasnya.