SOSIALISASI PENCALONAN PERSEORANGAN

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya menggelar sosialisasi pendaftaran calon perseorangan pada pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2020 di Rumah Pintar Pemilu KPU Kabupaten Tasikmalaya, Senin (23/12/2019).
Dalam Sosialisasi itu, hadir perwakilan masyarakat, mahasiswa dan tim dari bakal calon independen yang akan mencalonkan diri di Pilkada Kabupaten Tasikmalaya 2020.
Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Zamzam Zamaludin, SP mengatakan bahwa KPU Kabupaten Tasikmalaya mengundang masyarakat secara terbuka untuk mengikuti sosialisasi penyampaian syarat dukungan pencalonan untuk calon perseorangan.
“Kami melalui surat undangan secara terbuka mengundang seluruh masyarakat Kabupaten Tasikmalaya untuk mengikuti kegiatan sosialisasi terkait dengan tatacara pencalonan calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan” terangnya ketika memberikan sambutan.
Menurutnya sosialisasi tatacara pencalonan calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan sangat penting meskipun KPU telah melakukan berbagai macam cara untuk mensosialisasikan hal tersebut.
“Ini menjadi sangat penting kita sampaikan meskipun kami sudah melakukan berbagai macam sosialisasi untuk mensosialisasikan terkait tatacara pencalonan jalur perseorangan ini, perlu kiranya kami juga terus menginformasikan terkait dengan mekanisme pencalonan jalur perseorangan” ujarnya.
Ia berharap kegiatan sosialisasi ini bisa menambah referensi dan wawasan bagi masyarakat, khususnya bagi para calon yang akan maju pada pilkada kabupaten tasikmalaya dari jalur perseorangan.
“Harapan kami memalui kegiatan sosialisasi ini juga yang sudah kita laksanakan bisa menambah referensi, pengetahuan dan wawasan khususnya bagi para calon yang akan maju dalam perhelatan pilkada ini melalui jalur perseorangan” pungkasnya.
Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggaraan KPU Kabupaten Tasikmalaya Jajang Jamaludin, S.Ag mengatakan bahwa dasar persyaratan pencalonan perseorangan di Pilkada 2020 nanti, bakal calon harus memenuhi syarat dukungan dengan memegang 88.820 ribu dukungan.
“Yang harus dilampirkan dengan bukti KTP yang dilampirkan dengan formulir B1 KWK. Dukungannya harus tersebar di 20 kecamatan dari 39 kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya. Nanti diserahkan ke KPU,” ujarnya menambahkan.
Untuk waktu penyerahan formulir syarat dukungan calon perseorangan, tambah Jajang, pada 19 Februari 2020 sampai dengan 23 Februari 2020.