KPU KABUPATEN TASIKMALAYA GELAR SOSIALISASI BERSAMA MUSLIMAT NU KECAMATAN SALAWU

Hukum memilih pemimpin dalam Islam adalah wajib, hal itu disampaikan Ketua Divisi Sosialisasi, Partisipasi masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Tasikmalaya Isti’anah S.Th.I., M.Ag ketika menyampaikan materi sosialisasi penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tasikmalaya tahun 2020 pada acara Silaturahmi dan Pengajian PAC Muslimat NU se-Kecamatan Salawu di Pondok Pesantren Almanshuriyah Desa Salawu kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya pada Minggu (22/12/ 2019).

Menurutnya dalam agama Islam memilih pemimpin hukumnya wajib, ia mengutip salah satu hadist yang diriwayatkan oleh Abu Dawud yang berbunyi:
إِذَا كَانَ ثَلاَثَةٌ فِي سَفَرٍ فَلْيُؤَمِّرُوا أَحَدَهُمْ

Artinya: Jika ada tiga orang bepergian, hendaknya mereka mengangkat salah seorang di antara mereka menjadi pemimpinnya (HR Abu Dawud dari Abu Hurairah).

“Jika hanya 3 orang saja harus memilih pemimpin, apalagi kalo banyak,” ujarnya menerangkan.

Ia mengajak kepada seluruh jemaah muslimat Kecamatan Salawu untuk menggunakan hak pilihnya pada penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tasikmalaya 23 September mendatang.

“Maka sebagai warga muslim yang baik kita harus menggunakan hak pilih kita untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya pada 23 September mendatang” terangnya.

Ia juga mengatakan bahwa KPU Kabupaten Tasikmalaya memprioritaskan sosialisasi kepada muslimat NU karena jemaahnya sangat banyak. Ia berharap dengan jumlah jemaah yang begitu besar Muslimat NU dapat berperan aktif mensosialisasikan pilkada kabupaten Tasikmalaya ini kepada seluruh anggotanya maupun kepada masyarakat umum.

Ia juga berharap penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tasikmalaya dapat berjalan dengan lancar, aman, dan damai. Jangan sampai terulang perseteruan akibat perbedaan pilihan dalam pemilu 2019 lalu, jauhi fitnah dan hoax dalam proses pilkada ini.

“Semoga penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tasikmalaya berjalan dengan lancar, aman, dan damai” pungkasnya.