KPU GANDENG IPNU DAN IPPNU UNTUK DORONG PARTISIPASI PEMILIH PEMULA

Focus Group Discussion Program Fasilitasi Rumah Pintar Pemilu dengan tema Strategi Peningkatan Partisipasi Pemilih Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Tasikmalaya Tahun 2020 kembali di gelar KPU Kabupaten Tasikmalaya pada Jum’at (6/12/2019).
Kali ini KPU Kabupaten Tasikmalaya menggandeng Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) & Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Tasikmalaya dalam upaya mengdorong peningkatan Partisipasi Pemilih terutama di kalangan pemilih pemula.

Koordinator Divisi Program dan Data KPU Kabupaten Tasikmalaya Ai Rohmawati, S.Ag mengatakan bahwa tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada

Kabupaten Tasikmalaya 2015 hanya 60,33%, pada Pileg dan Pilpres 2019 di angka 77,08%, angka tersebut harus ditingkatkan mengingat target partisipasi pemilih pada pilkada tahun 2020 mendatang adalah 77,5%.
“Kabupaten Tasikmalaya ini angka partisipasi pemilihnya tidak terlalu besar, hal itulah yang melatarbelakangi kami mengundang ade-ade ke sini, kami menginginkan ade-ade ikut mendorong terkait partisipasi pemilih ini,”katanya.
Menurutnya, KPU Kabupaten Tasikmalaya sudah melakukan berbagai strategi demi peningkatan partisipasi pemilih ini, diantaranya merangkul organisasi kemasyarakatan dan organisasi kepemudaan.

“Kami juga akan bersinergi dengan PPK, PPS, serta pemerintah daerah. Tanpa bersinergi dengan pemerintah maka pilkada ini tidak akan pernah terealisasi,” terangnya.

Ia juga berpendapat bahwa kader IPNU dan IPPNU ini sangat potensial dalam mendorong partisipasi pemilih di Kabupaten Tasikmalaya terutama di ranah pemilih pemula.

“Semoga kerjasama kita tidak hanya disini saja, kami berharap ade-ade bisa berkontribusi di pilkada ini dengan cara bergabung di PPS atau KPPS daerah masing-masing” pungkasnya.

Ketua Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Tasikmalaya Nadia Ulfah menyambut baik langkah KPU Kabupaten Tasikmalaya. Menurutnya kegiatan FGD Fasilitasi Rumah Pintar Pemilu ini dapat menambah wawasan pelajar yang tergabung di IPNU dan IPPNU Kabupaten Tasikmalaya, kegiatan ini juga sebagai bekal untuk ikut berpartisipasi dalam Pilkada Kabupaten Tasikmalaya 2020 mendatang.

“Kegiatan diskusi tentang pemilu ini sangat bermanfaat karena dapat membuka wawasan pelajar IPNU dan IPPNU bahwasanya peran aktif dalam pemilihan Bupati mendatang sangatlah penting, diharapkan pelajar IPNU dan IPPNU Kabupaten Tasikmalaya lebih bisa berkontribusi banyak untuk terlibat dalam kepemiluan, disamping menjadi pemilih bisa juga berperan aktif di KPPS, PPS dan lain sebagainya,” ujarnya.

Nadia juga mengatakan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti hasil dari kegiatan FGD Fasilitasi Rumah Pintar Pemilu ini agar semakin banyak kader IPNU dan IPPNU yang dapat berpartisipasi dalam perhelatan Pilkada tahun 2020.

“Tindak lanjutnya tentu perlu ada diskusi lebih lanjut lagi dan bekerjasama dengan KPU Kabupaten Tasikmalaya sehingga lebih banyak lagi kader IPNU dan IPPNU yang paham dan sadar akan keterlibatan dirinya terhadap demokrasi” pungkasnya.