AUDIENSI  & FASILITASI RPP KPU KABUPATEN TASIKMALAYA DENGAN INSTITUT AGAMA ISLAM CIPASUNG (IAIC)

Pada hari  Selasa 5 November 2019 telah dilakukan Audiensi Sosialisasi Rumah Pintar Pemilu KPU Kabupaten Tasikmalaya ke Institut Agama Islam Cipasung (IAIC) Kabupaten Tasikmalaya. Audiensi ini diberikan oleh anggota komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya yaitu Ibu Istianah., S.Th.I., M.Ag selaku anggota komisioner bidang Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM serta Bapak Fahrudin, S.Ag selaku anggota komisioner bidang Hukum dan Pengawasn.   Peserta dari Audiensi ini adalah Mahasiswa dan Mahasiswi IAIC Kabupaten Tasikamalaya  yang termasuk dalam kategori pemilih pemuda.          Pada Audiensi kali ini mengangkat tema mengenai peran Mahasiswa dalam pemilu. Isti’Anah menjelaskan bahwa mahasiswa dapat berperan sebagai agent of change  atau sebagai agen perubahan di dalam masyarakat yang dimana mahasiswa dapat  membumi dengan melakukan sosialisasi di masyarakat mengenai pentingnya pemilu dalam kerangka sistem pemerintahan yang demokratis, serta menepis berbagai isu-isu hoax yang menyebar masyarakat. Selain itu Istianah juga mengajak seluruh mahasiswa dan mahasiswi  untuk membangun budaya literasi dengan rajin membuat tulisan mengenai kepemiluan, demokrasi dan politik. Tulisan – tulisan tersebut nantinya ditampilkan di perpustakaan digital Rumah Pintar Pemilu KPU Kabupaten Tasikmalaya.
Tindak lanjut dari audiensi kali ini adalah fasilitasi ke Rumah Pintar Pemilu KPU Kabupaten Tasikmalaya, yang dilaksanakan pada Hari Kamis 7 November 2019. Fasilitasi ini bertujuan untuk memperdalam pengetahuan tentang peran mahasiswa dalam pemilu kepada mahasiswa dan mahasiswa IAIC Kabupaten Tasikmalaya. Kegiatan fasilitasi ini dihadiri oleh 30 mahasiswa dan mahasiswi IAIC. Dalam kesempatan ini, diberikan pemaparan materi terkait landasan hukum dari pemilu tahun 2009 hingga  2019, pelaksanaan pemilu 2019, evlaluasi pemilu 2019 dan terkait hoax pada pemilu 2019. Pemaparan materi tersebut diberikan oleh Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya yaitu Istia’anah S.Th.I, M.Ag, Fahrudin, S.Ag, Jajang Jamaludin S.Ag dan AI Rohmawati, S.Ag.  Dalam pemaparanya seluruh komisioner menjelaskan pelaksanan pemilu serentak bertujuan untuk membuat pemilu lebih efektif, dan efisien. Walaupun pada pelaksanaanya setelah dilakukan evaluasi pemilu serentak belum sesuai dengan target atau tujuan yang direncanakan. Selain itu seluruh komisioner juga  mengklarifikasi mengenai isu-isu hoax yang selama ini beredar di masyarakat, dan cara untuk mengantisipasi isu-isu hoax tersebut. Mahasiswa dan mahasiswi IAIC Kabupaten Tasikmalaya sangat antusias dalam pemberian materi yang dilakukan hal tersebut terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan terkait kepemiluaan.
Pada kesempatan kegiatan fasilitasi ini   seluruh mahasiswa dan mahasiswi IAIC dijelaskan mengenai tugas pokok dan fungsi kpps saat pemilu. Diakhir  acara mahasiswa dan mahasiswa melihat diorama ataupun alat peraga mengenai Sejarah Pemilu, Profil KPU, Sistem Pemilu dan tata cara pelaksanaan pemilu yang terdapat di KPU Kabupaten Tasikmalaya . Dampak dari kegiatan ini adalah Mahasiswa dan Mahasiswi IAIC menjadi lebih memahami mengenai sistem kepemiluan di Indonesia, Tugas dan Fungsi KPU, peran Mahasiswa dalam pemilu , tata cara menjadi penyelenggara pemilu. Diharapkan dari kegiatan ini juga setiap mahasiswa dan mahasiswi IAIC Kabupaten Tasikmalaya dapat memberikan informasi dan pengetahuan yang didapatkan kepada keluarga, teman dan lingkungan sekitarnya sehingga  menjadi agent of change.