KONSOLIDASI REGIONAL PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT

KPU selenggarakan Konsolidasi regional peningkatan partisipasi masyarakat, sejak tanggal 27-29 september 2019 di Hotel Mercure Grand Mirama surabaya. Kegiatan ini merupakan rangkaian konsolidasi regional gelombang ketiga. Setelah sebelumnya gelombang ke 1 diselengarakan di Kota Bukit Tinggi Provinsi Sumatera Barat, gelombang kedua diselenggarakan di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara. Konsolidasi regional ini dilaksanakan dalam rangka menyongsong pemilihan serentak tahun 2020 di mana peningkatan partisipasi masyarakat merupakan salah satu program yang utama.
Dalam sambutannya di acara pembukaan Ketua KPU RI Arif Budiman mengatakan bahwa capaian pasrtisipasi masyarakat dalam pemilu serentak tahun 2019 melampaui target. Target yang ditetapkan oleh KPU RI 77,5 persen, sedangkan capaian partisipasi secara nasional 82,15 persen. Pencapaian ini harus ditingkatkan. Strategi sosialisasi yang harus ditingkatkan dalam pelaksanaan pilkada serentak adalah sosialisasi berbasis keluarga.
Dalam acara pembukaan juga di hadiri oleh komisioner KPU RI, Evi Novida Ginting Manik, Wahyu Setiawan, Ilham saputra, Hasyim Asyhari, Gubernur Jawa Timur yang diwakili oleh Asda 1 Pemprov Jawa Timur, Ketua Bawaslu RI Abhan S.H, M.H