PELANTIKAN DAN PEMBEKALAN RELAWAN DEMOKRASI KPU KABUPATEN TASIKMALAYA

Singaparna 22 01 19
KPU Kabupaten Tasikmalaya pada hari Selasa Tgl 22 Januari 2019 mengadakan Pelantikan dan Pembekalan kepada 55 Relawan Demokrasi KPU Kabupaten Tasikmalaya. Acara berlangsung di Hotel Dewi Asri Jl. Raya Timur Singaparna No. 169 pada pukul 09.00 WIB s.d 15.00 WIB. Puluhan relawan tersebut bertugas menyosialisasi terkait Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 kepada masyarakat di Kabupaten Tasikmalaya.
Pembentukan relawan demokrasi tersebut tertuang dalam peraturan KPU RI Nomor 32/PP.08-SD/06/KPU/I/2019 tentang Pembentukan Relawan Demokrasi Pemilu Serentak 2019. Sementara dalam lampiran Surat KPU RI Nomor: 32/PP.08-SD/06/KPU/I/2019, tanggal 9 Januari 2019, perihal Pembentukan Relawan Demokrasi Pemilu Serentak Tahun 2019,  menjelaskan tugas Relawan Demokrasi sebagai subjek yang akan melakukan sosialisasi dan pendidikan kepada pemilih.
55 relawan ini akan dibagi ke dalam 10 segmen pemilih, yakni basis pemilih keluarga, pemula, muda, disabilitas, berkebutuhan khusus, marjinal, keagamaan, warganet, perempuan dan komunitas.55 orang relawan demokrasi yang dikukuhkan itu, diharapkan mereka bisa menyampaikan informasi kepemiluan secara utuh kepada masyarakat dan dapat meningkatkan partisipasi pemilih dan menurunkan angka suara tidak sah.

Pembekalan Relawan dilaksanakan pada hari itu juga oleh Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Tasikmalaya ditambah dengan narasumber dari Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya oleh ketuanya langsung Dodi Djuanda, SP.
Materi Pembekalan menyangkut masalah kepemiluan Pemilihan Umum 2019. Materi pertama oleh Anggota KPU Divisi Sosialisasi dan SDM Isti’anah, S.Th.I., M..Ag menitikberatkan pada teknik Sosialisasi yang efektif dan tidak monoton sehingga informasi tersampakan dengan utuh. Pemeteri kedua dari Bawaslu Kabupaten Tasikmaya Dodi Djuanda, SP menitikberatkan apa yang dimaksud dengan pelanggaran pemilu dari kacamata Bawaslu yang mengacu pada UU no 7 Tahun 2017 dan PKPU. Pemateti ketiga oleh Anggota KPU Divisi Data dan Informasi Ai Rahmawati menitik bertakan permasalahan DPT, siapa yang bisa masuk DPT, Pemilih Pindahan. Pemateri keempat oleh Anggota KPU Divisi Hukum dan Pengawasan Fahrudin, S.Ag menitikberetkan pada kode etik penyelenggara pemilu, serta tugas dari Relawan Demokrasi. Pemateri keempat dari Anggota KPU Divisi Teknis JAjang Jamaludin, S.Ag menitik beratkan pada pengetahuan surat suara dan dapil untuk Tasikmalaya, Provinsi dan pusat serta tatacara pencoblosan yang sah. Dan terakhir dari Ketua KPU Zamzam Zamaludin, SP dengan gayanya yang humoris menerangkan tugas tugas rewalan demokrasi sesuai dengan segmennya dan trik trik pengalaman pribadinya dalam menghadapi pemilu sebelumnya.

Selepas pelantikan dan pembekalan ini, Relawan Demokrasi akan bertugas selama tiga bulan sebagai garda terdepan KPU dalam melakukan sosialisasi dengan tujuan meningkatkan kualitas pemahaman pemilu, meningkatkan partisipasi dan kepercayaan publik terhadap proses pemilu dan demokrasi.