KPU SELALU BERPEGANG PADA UNDANG-UNDANG

Tasikmalaya –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya selalu patuh dan berpedoman pada Undang-undang dan Peraturan KPU dalam setiap menjalankan tahapan pemilu. Langkah ini diambil agar dalam setiap tahapan pemilu terhindar dari perbuatan melawan hukum.
“Secara kelembagaan, kita sangat sepakat dengan Bawaslu yang mana akan selalau mengedepankan pencegahan dalam setiap pengawasan kegiatan. Ini kita ambil agar kita terhindar dari berbagai bentuk kegiatan yang melawan atau melanggar ketentuan hukum perundang-undangan pemilu,” jelas Ketua KPU, Zamzam Zamaludin, S.P usai mengikuti Rapat Koordinasi Pengawasan Pada Tahapan Pileg dan Pilpres Tahun 2019 di Kabupaten Tasikmalaya pagi tadi 12 Desember 2018 di Hotel Grand Metro Tasikmalaya.
Kesepakatan antara KPU dan Bawaslu ini diambil, ungkap Zamzam, akan membantu tugas pokok dan fungsi KPU dalam pelaksanaan semua tahapan pemilu. Terlebih untuk menghindari pertentangan dan perselisihan penafsiran undang-undang kepemiluan di lapangan.
“Teknis di lapangan ini yang agak berat, karena kita melibatkan banyak orang, seperti PPS, PPK dan Panwascam di setiap kecamatan, kalau tidak ada kesepahaman, bisa ribet. Makanya agar tidak ada pertentangan pemahaman harus ada pemahaman yang sama terhadap aturan dan Undang-undang’ pungkasnya.