DPT PEMILU 2019 DISAHKAN KPU KAB. TASIKMALAYA

Tasikmalaya – Sebanyak 1.366.465 Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2019 telah disahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya kemarin siang, Senin 10 Desember 2018. Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Penyempurnaan kedua (DPTHP-2) yang dilaksanakan di Hotel Harmoni Kota Tasikmalaya ini dihadiri oleh Bawaslu, PPK, perwakilan parpol, TNI-Polri, Kejaksaan, dan Disdukcapi
“Alhamdulillah keputusan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penyempurnaan DPTHP-2 ini diterima dengan bulat oleh seluruh peserta yang hadir,’ ungkap Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Zamzam Zamaludin, S. P
Zamzam menerangkan, dari 1.366.465 DPT ini, pemilih laki-laki sebanyak 689.968 dan pemilih perempuan sebanyak 676.497. Semuanya tersebar di 39 Kecamatan, 351 Desa dan 5.196 TPS. “Rapat Pleno ini sebetulnya merupakan hasil penyempurnaan dari rekomendasi Bawaslu terkait DPTHP-2 yang telah diplenokan pada tanggal 12 November 2018. Pada Rapat Pleno DPHTP-1, jumlah daftar pemilih sebanyak 1.337.595,” sehingga ada selisih 28.870 paparnya.
Di tempat yang sama, Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Tasikmalaya, Ai Rohmawati S.Ag menerangkan, terkait rekomendasi Bawaslu mengenai pemilih pindahan, perlindungan terhadap pemilih di Rumah Tahanan, Rumah Sakit, sekolah, santri di pesantren dan Lembaga Pendidikan lainnya semuanya akan diakomodir dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). “Mereka ini tinggal datang dan lapor saja  ke PPS paling lambat sebulan sebelum pemungutan suara,” paparnya.
Terkait pasien disabilitas yang ada di Yayasan Attaubah Kecamatan Sukaratu, Ai menambahkan, semuanya tidak bisa ikut dalam pencoblosan. Karena 90 persen pasien masih terganggu kejiwaannya. “Kita sepakat dengan Bawaslu, pasien di Yayasan Attaubah ini tidak dimasukan dalam DPT karena kita tidak bisa menjamin keamanannya serta data dari pasien tidak lengkap,” pungkasnya.